TANAH LOT

Pura Tanah Lot merupakan salah satu obyek wisata di Bali yang terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset). Deburan air laut menghantam menambah keindahannya. Keindahan sunset menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Pura Tanah Lot terlatak di desa Beraban, kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Pura tersebut berdiri di atas batu karang seluas kurang lebih 3 are atau sekitar 100 meter dari bibir pantai dan dapat di capai dengan jalan kaki apabila air laut dalam keadaan surut. Tanah Lot berasal dari kata Tanah dan Lot atau Lod, tanah yang di artikan sebagai batu karang yang menyerupai pulau kecil, dan Lot berarti Laut. Tanah Lot dapat diartikan sebagai pulau kecil yang terapung di tengah lautan. Menurut informasi, disekitar pura terdapat mata air tawar yang hanya dapat dilihat bila air sedang surut. Keberadaan mata air tawar itulah yang dijadikan pertimbangan ketika pura itu dibangun.
      Pura Tanah Lot dibangun pada abad ke 16 , Ketika itu Danghyang Nirarta melakukan tirteyatre atau perjalanan mengunjungi tempat-tempat suci, Danghyang Nirarta beristirahat disini, atas atas bisikan-bisikan kesucian yang beliau dapatkan, Danghyang Nirarta memberi petunjuk agar dibangun pura tersebut. Pura Tanah Lot berfungsi antara lain, pada halaman utama terdapat meru tumpang 5 sebagai tempat pemujaan Dewa Baruna yaitu penguasa potensi laut dan untuk memuja serta menghormati Danghyang Nirarta sebagai bhatara sakti dengan media pemujaan meru tumpang 3.
      Pada beberapa ceruk yang terdapat di sekitar pura terdapat ular ular belang yang jinak dan di percaya oleh masyarakat sekitar sebagai ular penjaga. Ular tersebut tergolong dari familia Hydrophiidae, Genus Hydrophis yang memilki bisa 30 kali lebih kuat dari bisa king kobra. Dahulu Kala, sebelum datangnya wisatawan mengunjungi tempat ini, banyak ditemukan ular-ular disekitar Pura Tanah Lot baik siang maupun malam hari dan hidup dengan tenang dan damai. Namun, dari dulu sampai sekarang belum ada orang yang digigit oleh ular tersebut.